Info Lowongan Cpns Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ri

Lowongan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (disingkat Kemenko Perekonomian) sebelumnya berjulukan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri yaitu kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yang semenjak tanggal 12 Agustus 2015 dijabat oleh Darmin Nasution.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mempunyai kiprah menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian. Dalam melaksanakan tugas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan fungsi:
  • Koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan informasi di bidang perekonomian;
  • Pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan informasi di bidang perekonomian;
  • Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian kontribusi manajemen kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian;
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian;
  • Pengawasan atas pelaksanaan kiprah di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menawarkan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Lowongan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian 


Persyaratan Pelamar : 

  1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria : 
    • Cumlaude yaitu pelamar lulusan terbaik (cumlaude / dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A / Unggul dan Program Studi terakreditasi A / Unggul dari Badan Akretditasi Nasional dan Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada ketika lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / kebanggaan pada ijasah atau transkrip nilai.
    • Disabilitas/ Difabel yaitu pelamar yang menyandang disabilitas / berkebutuhan khusus dengan kriteria bisa melaksanakan kiprah menyerupai menganalisa, mengetik, memberikan buah pikiran, berdiskusi dan bisa berjalan, tidak tuli serta tidak buta. 
    • Putra / Putri Papua dan Papua Barat yaitu pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP / SLTP, dan SMU / SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau menurut garis keturunan orang bau tanah (bapak) orisinil Papua (yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan/ kepala desa). 
    • Umum yaitu pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana abjad a, b dan c diatas. 
  2. Pelamar yang disebutkan pada angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini. 

Persyaratan kerja :

Persyaratan Umum (Cumlaude, Disabilitas/ Difabel, Putra / Putri Papua dan Papua Barat dan Umum) 

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia 
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara menurut putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan aturan yang tetap alasannya yaitu melaksanakan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih 
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas undangan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS/ Anggota TNI/ Anggota Kepolisian Negara atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; 
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah. 
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 
  6. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan deretan jabatan; 
  7. Usia pada tanggal 1 September 2017 minimal 18 tahun dan maksimal 35 Tahun pada 1 Desember 2017. 
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar. Kecuali pelamar difabel/ disabilitas sesuai dengan ketentuan kriteria pelamar disebutkan di atas dan menerima kebijakan khusus. (dilengkapi sesudah lulus) 
  9. Tidak mempunyai ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi sesudah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir) 

Persyaratan Khusus Pelamar Umum 

  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan minimal dari PTN atau PTS terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada ketika lulus. Khusus untuk S2 Logistik minimal dari PTN atau PTS terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada ketika lulus. 
  • Bagi pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibuktikan dengan ijazah yang telah mendapatkan ratifikasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak memakai skala 4). 
  • Pelamar merupakan lulusan Magister / S-2, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.30 (tiga koma tiga nol) skala 4 (empat)untuk deretan jabatan Analis Kebijakan Ahli Pertama. 
  • Dapat berkomunikasi memakai Bahasa Inggris dengan baik 

Persyaratan Khusus Pelamar Cumlaude 

  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dari PTN atau PTS yang terakreditasi A/ Unggul dengan Program Studi terakreditasi A/ Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada ketika ijazah tersebut dikeluarkan. 
  • Pendaftar untuk deretan cumlaude dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir sekurang-kurangnya oleh dekan atau sederajat. 
  • Dapat berkomunikasi memakai Bahasa Inggris dengan baik. 

Persyaratan Khusus Pelamar Putra/ Putri Papua dan Papua Barat 

  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan minimal dari PTN atau PTS terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada ketika lulus. 
  • Bagi pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibuktikan dengan ijazah yang telah mendapatkan ratifikasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak memakai skala 4). 
  • Pelamar merupakan lulusan Magister / S-2, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.00 (tiga koma nol nol) skala 4 (empat) untuk deretan jabatan Analis Kebijakan Ahli Pertama. 
  • Pendaftar untuk deretan Putra/ Putri Papua dan Papua Barat dibuktikan dengan 
  • Fotokopi ijazah SD atau yang sederajat, SMP atau sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat yang dilegalisir; atau 
  • Dapat dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, fotokopi KTP Bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa.

Persyaratan Khusus Pelamar Disabilitas/ Difabel 

  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan minimal dari PTN atau PTS terakreditasi B dan Program Studi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada ketika lulus. 
  • Bagi pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibuktikan dengan ijazah yang telah mendapatkan ratifikasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak memakai skala 4). 
  • Pelamar merupakan lulusan Sarjana/ S-1, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.00 (tiga koma nol nol) skala 4 (empat) untuk deretan jabatan Analis Tata Usaha.

TATA CARA PENDAFTARAN 

  1. Dokumen Persyaratan (berkas lamaran) terdiri dari : 
    • Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI di Jakarta, diketik mengunakan Komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran sanggup diunduh dilaman : https://sscn.bkn.go.id) 
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) orisinil atau Surat keterangan telah melaksanakan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). 
    • Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus menciptakan surat keterangan dari Lurah/ Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun. 
    •  Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah asli 
    • Surat Pernyataan harus diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam ( format surat pernyataan sanggup diunduh dilaman : https://sscn.bkn.go.id ) 
    • Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar) 
  2. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dengan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  3. Pendaftaran online dan batas waktu registrasi serta unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB). 
  4. Setelah mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO BOX 2720 JKP 10027 ditujukan kepada Panitia Seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dengan lampiran: 
    • Fotokopi kartu pendaftaran 
    • Pas foto berwarna latar belakang merah ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar 
    • Fotokopi KTP 
    • Surat lamaran asli 
    • Surat Pernyataan asli 
    • Fotokopi sah ijazah terakhir dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang di Perguruan Tinggi pelamar. 
    • Fotokopi ketetapan legalisasi aktivitas studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar. 
    • Surat Lamaran beserta lampirannya disusun rapi dan dimasukkan ke dalam map berwarna : 
      • KUNING untuk S1 
      • BIRU untuk S2 
    • Tuliskan instruksi jabatan yang dilamar pada map sebagaimana dimaksud poin 8 di atas. 
  1. Pelamar untuk deretan Putra/ Putri Papua dan Papua Barat melampirkan 
    • Fotokopi ijazah SD atau yang sederajat, SMP atau sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang dilegalisir; atau 
    • Dapat dibuktikan dengan fotokopi KTP Bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/ desa. 
  2. Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO BOX 2720 JKP 10027 paling lambat diterima pada tanggal 25 September 2017 (stempel pos dengan kilat khusus) pukul 16.00 waktu setempat. 
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi manajemen sanggup mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 s.d. 6 Oktober 2017. 

TAHAPAN SELEKSI

  1. Seleksi Administrasi 
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40%, memakai Computer Assisted Test (CAT) yang materinya terdiri dari: 
    • Tes Wawasan Kebangsaan 
    • Tes Intelegensi Umum 
    • Tes Karakteristik Pribadi 
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari : 
    • Substansi Jabatan memakai sistem CATdengan bobot 30% 
    • Assesmen dengan bobot 30% 
    • Wawancara dengan bobot 40% 
  4. Khusus pelamar jabatan Analis Tata Usaha, SKB dengan bobot 60% terdiri dari: 
    • Praktik kerja komputer dengan bobot 30%. 
    • Assesmen dengan bobot 30% 
    • Wawancara dengan bobot 40%. 

SISTEM KELULUSAN

  1. Kelulusan seleksi manajemen ditentukan menurut hasil verifikasi dokumen/ berkas lamaran yang terlah diunggah dan dikirim. Kelulusan seleksi manajemen akan diumumkan oleh panitia pada laman https://sscn.bkn.go.id dan https://rekrutmen.ekon.go.id. 
  2. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 
  3. Jumlah peserta yang sanggup mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan (formasi) pada masing-masing Jabatan menurut peringkat nilai SKD. 
  4. Kelulusan Akhir ditentukan menurut hasil integrasi SKD dengan bobot 40% dan SKB dengan bobot 60% yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

LAIN-LAIN

  1. Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website pada tanggal 5 September 2017 
  2. Tempat Pelaksanaan tahapan seleksi dilaksanakan di Jakarta 
  3. Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan fasilitas selama mengikuti seleksi penerimaan CPNS 
  4. Panitia tidak mendapatkan berkas lamaran yang disampaikan secara eksklusif ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian 
  5. Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak bisa mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan kawasan yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur. 
  6. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia sanggup menggantikan dengan peserta yang mempunyai peringkat terbaik dibawahnya menurut hasil keputusan rapat. 
  7. Kelulusan peserta yaitu prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan Kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dihentikan menawarkan sesuatu dalam bentuk apapun yang dihentikan dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku dan digugurkan kelulusannya. 
  8. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari sesudah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi sanggup menggugurkan kelulusan yang bersangkutan. 
  9. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya. 
  10. Keputusan Panitia Seleksi tidak sanggup diganggu gugat. 
  11. Informasi lebih lanjut sanggup dilihat di https://rekrutmen.ekon.go.id 
  12. Panitia tidak mendapatkan kunjungan dari pelamar kecuali ketika pelaksanaan SKD dan SKB. 
  13. Informasi terkait jadwal pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sanggup dilihat pada halaman sesudah pengumuman ini. Jika terdapat perubahan informasi dalam pengumuman ini, maka akan dinformasikan eksklusif di website https://rekrutmen.ekon.go.id dan https://sscn.bkn.go.id. Para pelamar CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun Anggaran 2017 dibutuhkan untuk sering memantau website tersebut. 
  14. Pelayanan dan klarifikasi informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun Anggaran 2017 sanggup mengubungi Call Center yang sanggup dihubungi : 
    • Frequently Asked Questions (FAQ) pada https://sscn.bkn.go.id. dan https://rekrutmen.ekon.go.id 
    • Telephone (021) 3441340 (ext 2301) pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08.30 s.d. 16.00 WIB 
    • Email : cpns@ekon.go.id 
    • twitter : @cpnsekon 
Sumber : https://goo.gl/6u8ba2
Batas final Pendaftaran/ Pengiriman Berkas lamaran pekerjaan paling lambat tanggal 25/09/2017
Related Posts